Promkes Jurangombo

Sabtu, 21 Juli 2012

Program Kegiatan 2012

dalam proses editing

3 komentar:

  1. Siip3x Jo...Mari lanjutkan postinganmu.....mana kegiatan-kegiatan yang lainnya ...Jo...
    Atasi Stres Dengan Makanan Sehat
    Oleh BrighterLife.co.id
    14 October 2013
    Topik:
    • How To Be Healthy, Kesehatan
    Komentar (0)

    Apa Anda termasuk orang-orang yang ‘melarikan diri’ ke makanan ketika bad mood menyerang atau saat sedang stres? If you are, then you’re not alone! Kenyataannya, penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hormon cortisol yang terjadi saat pada orang yang sedang mengalami stres memang membuat orang tersebut jadi ingin makan makanan manis dan asin. Hal inilah yang jadi satu penyebab orang jadi makan lebih banyak ketika sedang stres.
    Tapi fakta ini bukan jadi pembenaran bagi Anda untuk makan junk food secara berlebihan saat sedang stres, lho. Jadi, jangan langsung menumpuk persediaan coklat dan keripik Anda. Makanan sehat justru lebih efektif jadi mood booster saat Anda sedang stres. Beberapa di antaranya adalah:
    Makanan Kaya Vitamin B12 Dan Asam Folat
    Kedua nutrisi ini membantu mencegah masalah di sistem syaraf pusat sekaligus masalah mood swing alias suasana hati berubah-ubah. Asam folat bisa ditemukan di kacang-kacangan dan sayuran hijau, sedangkan vitamin B12 bisa ditemukan pada daging ayam, ikan, daging merah, serta produk susu. Kombinasikan bahan-bahan makanan tersebut untuk mendapatkan kedua nutrisi tersebut dengan maksimal.
    Makanan Mengandung Selenium
    Hasil penelitian menunjukkan orang yang mengonsumsi makanan kaya selenium dan memiliki kadar selenium lebih tinggi dalam tubuh mereka memiliki gejala depresi yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak mendapat asupan selenium yang cukup. Asupan harian selenium yang disarankan adalah 55 mikrogram per hari. Sumber selenium yang baik di antaranya adalah kacang-kacangan, produk susu rendah lemak, dan seafood.
    Buah Dan Sayuran
    Sayuran dan buah-buahan kaya nutrisi penting serta antioksidan yang berkontribusi tidak cuma pada kesehatan Anda, tapi juga kualitas hidup Anda. Bahan makanan ini juga sangat cocok untuk jadi cemilan sehat yang mudah dinikmati.
    Makanan Kaya Asam Lemak Omega 3
    Asam lemak Omega 3, terutama yang berasal dari ikan, memiliki efek positif pada mood swing dan gejala depresi. Beberapa jenis ikan yang kaya asam lemak Omega 3 adalah salmon, sarden, dan tuna
    Makanan Kaya Vitamin D
    Banyak penelitian menunjukkan hubungan antara kurangnya asupan vitamin D dengan masalah mood seperti PMS, depresi, dll. Nutrisi ini bisa didapatkan dari ikan seperti salmon dan tuna, pada keju, kuning telur, serta hati sapi. Selain itu vitamin D juga bisa didapatkan dari suplemen, serta tentu saja sinar matahari.
    Cokelat
    Nah! Kalau cemilan yang ini pasti jadi favorit banyak orang. Tapi coklat yang disarankan bukan sembarang coklat, melainkan dark chocolate yang lebih rendah kandungan gula-nya. Jenis coklat ini membantu mendorong produksi endorfin alias zat kimia yang membuat Anda merasa senang. Dark chocolate juga dianggap lebih sehat pada jantung, karena membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah.
    Jadi, ketika stress melanda dan mood swing menggila, jangan asal makan, ya. Pilihlah makanan-makanan sehat seperti contoh di atas, dan hindari makanan yang tinggi kandungan lemak jenuhnya. Selain itu, batasi juga konsumsi kafein, karena kurang tidur akan membuat masalah depresi dan stres yang Anda alami malah jadi makin parah. Tetap menjaga pola makan sehat bahkan saat stress tidak hanya membantu Anda menjaga kesehatan, tapi juga membantu Anda menjaga suasana hati.


    BalasHapus

  2. Wartakesehatan.com - Apel (Malicus domestica) merupakan tumbuhan buah yang memiliki rasa manis dengan kandungan banyak air untuk memberi kesegaran. Buah apel mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat terhadap sistem tubuh manusia agar sehat dan terlindungi dengan baik.
    Dikutip Reader's Digest, studi dari Oxford Unicersity menyebutkan bahwa apel juga bisa mencegah penyakit jantung dan juga stroke bagi orang yang berumur di atas 50 tahun.
    Studi lain dari EPIC menyebutkan bahwa makan delapan iris apel setiap hari bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 22%. Studi ini melibatkan 500.000 orang. Selain itu, mengonsumsi apel juga bisa menurunkan risiko kanker seperti kanker hati.
    Beberapa studi juga menunjukkan bahwa buah bisa menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan pectin pada apel bisa mengikat kolesterol dan glukosa dalam usus. Meskipun begitu, kamu tidak boleh terlalu banyak makan buah ini. Bisa jadi kamu mengonsumsi zat-zat pestisida pada buah ini.
    Zat penting dalam apel yang bisa mencegah penyakit mematikan seperti jantung dan stroke adalah kandungan polifenolnya. Senyawa ini selain melindungi buah dari penyakit, ternyata juga memberikan warna dan rasa pada apel. Selain itu polifenol juga kaya akan antioksidan yang mampu mencegah stroke dan kanker

    BalasHapus
  3. Jenis dan Kegunaan APD

    Ada beberapa macam APD yang dipakai serta keguanaan APD pada tenaga kerja secara garis besarnya antara lain :
    1)APD Kepala
    Termasuk didalamnya pengikat rambut, pentup kepala, topi dan berbagai material. Berfungsi untuk melindungi kepala dari benda yang jatuh, terbang, korosit, debu, iklim yang buruk serta menjaga kebersihan kepala dan rambut.
    2)APD Mata
    Kaca mata dari berbagai bahan berfungsi untuk melindungi mata. APD ini pada umumnya kebanyakan digabung dengan APD untuk muka dengan demikian maka fungsinya selain melindungi mata sekaligus melindungi muka.
    3)APD Telinga
    Ada 2 yaitu ear plug (sumbet telinga), ear muff (tutup telinga). Berfungsi untuk melindungi telinga tenaga kerja dari cuaca-cuaca diatas NAB. APD ini mutlak dipakai apabila dibawah atau tempat peralatan yang memiliki tingkat kebisingan diatas normal. Untuk mengetahui seberapa tingkat kebisingan disuatu daerah atau temapat peralatan maka dilakukan suatu pengukuran dengan suatu alat yang antara lain dengan Sound Level Meter, bila hasil pengukuran menunjukan hasil pengukuran di atas nilai normal yaitu (85 db), maka mutlak memakai pelindung telinga.
    4)APD Tangan/Jari-Jari Tangan
    Sarung tangan atau kaos tangan berfungsi untuk melindungi tangan dari bahaya tajam, panas, kasar, berduri, dingin, radiasi, arus llistrik, bahan- bahan kimia dan elektro magnetik serta menjaga kebersihan tangan.
    5)APD Mulut/Hidung
    Respirator berbagai jenis, terdapat juga jenis :
    a)Respirator pemurni udara
    b)Respirator yang dihubungkan dengan supplay udara bersih
    c)Respirator yang dilengkapi dengan supplay oksigen
    Sebagaimana diketahui bahwa sumber penyakit/bahaya bukan hanya menimpa bagian tubuh tapi dapat juga menimpa bagian dalam yang datangnya melalui pernapasan atau mulut. APD ini berfungsi melindungi bagian dalam tubuh melalui pernapasan hidung dan mulut dari pengaruh oksigen yang terkontaminasi dengan partikel debu, gas, uap yang dapat merusak atau setidaknya mengganggu pernapasan.
    6)APD Kaki/Jari-Jari Kaki
    Sepatu berbagai tipe, berfungsi untuk melindungi kaki dari jari-jari kaki agar tidak tertimpa benda berat, keras, tersengat benda-benda panas atau semacamnya.
    7)APD Bagian Tubuh
    Pakaian kerja yang dibuat khusus yang dibuat berfungsi untuk melindungi badan dari radiasi panas konduksi dan panas konveksi.

    BalasHapus